Menelusuri Tanah Karo Simalem

December 15, 2006 at 3:30 pm | Posted in Tanah Karo | 45 Comments

berastagi.jpgTanah Karo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Propinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh seorang bupati yang berkedudukan di ibukota kabupaten yaitu Kabanjahe dengan jarak sekitar 78 km dari
Medan

Berikut ini adalah jalur lintasan menuju Tanah Karo dari
kota
Medan.

SEMBAHE

Sembahe merupakan salah satu lintasan  jalan raya 

Medan – Brastagi sekitar 35 km dari
Medan. Memiliki udara yang sejuk dan sungai jernih yang sangan cocok untuk tempat pemandian. Banyak pengunjung datang ke sini untuk santai pada akhir pekan atau libur umum. Tempat ini dapat ditempuh selama 45 menit dengan kendaraan bermotor dari
kota
Medan. SIBOLANGIT

Sekitar 15 menit perjalanan dari Sembahe, tibalah di Sibolangit yang  berada kira-kira 40 km dari

kota
Medan. Sepanjang jalan akan terlihat Hutan Wisata yang sebelumnya merupakan kebun botani (tumbuh-tumbuhan) yang terletak di lereng pegunungan Bukit Barisan antara Sembahe dan lembah sekitarnya, memiliki udara yang sangat sejuk. Jalan-jalan kecil yang menyenangkan di hutan hujan ini berguna untuk pemberhentian para turis lokal maupun dari manca negara, di antara pakis-pakis raksasa dan pohon-pohon yang ditutupi lumut.
Para ahli botani akan dengan mudah dapat menemukan berbagai hal yang menarik dari tumbuh-tumbuhan langka yang banyak tumbuh di taman ini, di samping adanya berbagai burung-burung liar. 
Di sepanjang jalan ini juga dapat ditemukan pondok-pondok durian yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat sambil makan durian.
BANDAR BARU

bandarbaru.jpgBandar Baru, merupakan suatu
kota kecil lebih kurang 47 km dari
Medan ke arah Brastagi, memiliki udara sejuk dan nyaman yang cocok untuk liburan serta berakhir pekan.
Kota kecil ini juga merupakan bumi perkemahan Pramuka yang pada tahun 1977 sebagai tempat pelaksanaan Jambore Internasional Pramuka. 

Di sini juga terdapat Yayasan Gelora Kasih yang merupakan tempat penyandang anak-anak yatim piatu yang dikelola oleh GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) 

PENATAPEN (PEMANDANGAN)penatapen.jpgPenatapen adalah merupakan tempat lintasan jalan
Medan – Brastagi yang dekat dengan perbatasan antara Tanah Karo dengan Deli Serdang. Di tempat ini sering digunakan sebagai tempat pemberhentian sejenak bagi orang yang telah lelah dalam perjalanan sambil menikmati hangatnya jagung rebus dan jagung bakar. Dari sini kita bisa memandang ke arah Bandar Baru dan
Medan, juga bisa melihat air terjun Sikulikap serta jalur pendakian ke gunung Sibayak.

LAU DEBUK-DEBUK

lau-debuk2.jpgLau Debuk-debuk merupakan sebuah desa yang memiliki sumber air panas dengan kandungan belerang, banyak dikunjungi oleh turis untuk menikmati hangatnya air belerang dalam suasana kesejukan udara pegunungan. Desa ini terletak lebih kurang 10 km dari Bandar Baru menuju Brastagi, di kaki gunung Sibayak yang memiliki ketinggian sekitar 2.100 km dari permukaan laut


TAMAN HUTAN RAYA BUKIT BARISAN 
tahura1.jpgTaman Nasional Tongkoh yang diberi nama
Taman
Hutan Raya (Tahura) Bukit Barisan berlokasi kira-kira 6 km sebelum
kota Brastagi, dalam perjalanan dari
Medan.
Taman itu punya kebun binatang dengan pondok-pondok unik dan gajah tunggangan untuk anak-anak. Jalan setapak menuju hutan juga tersedia, untuk pengunjung yang ingin meneliti ataupun sekedar melihat tumbuhan hutan, anggrek-anggrek liar, pakis-pakis besar, berbagai tumbuhan kayu liar berselimut lumut dan jamur, beragam jenis kupu-kupu, burung-burung, kera, dan lainnya. 

BUKIT KUBU

Bukit Kubu adalah salah satu hotel yang memiliki arsitektur peninggalan zaman kolonial, mempunyai arena atau lapangan latihan golf, tenis, serta kebun-kebun bunga yang indah. Bukit Kubu sering dikunjungi oleh turis-turis dari Eropa, khususnya wisatawan asal Belanda untuk menikmati akhir pekan mereka dengan mengenang keadaan zaman kolonial lalu. 

BRASTAGI

berastagi.jpgBrastagi adalah tujuan wisata utama di Tanah Karo yang terletak di ketinggian sekitar 4.594 kaki dari permukaan laut dan dikelilingi barisan gunung-gunung, memiliki udara yang sejuk dari hamparan perladangan pertaniannya yang indah, luas, hijau, dan Brastagi merupakan daerah tujuan wisata yang memiliki fasilitas lengkap di Tanah Karo, seperti hotel berbintang, restotran, golf dan lain-lain sampai kepada hotel yang tarifnya relatif dapat terjangkau. Brastagi juga dikenal dengan julukan
kota
“Markisa”. 
Dari

kota “Markisa” Brastagi, para pengunjung akan menikmati pemandangan yang indah ke arah pegunungan yang masih aktif, yaitu gunung Sibayak dan gunung Sinabung.

Untuk mendaki gunung Sibayak diperlukan waktu lebih kurang 3 jam perjalanan dan kita bisa menikmati pemandangan yang indah di pegunungan tersebut atau perlu waktu 3 sampai 4 jam perjalanan di hutan untuk melihat kekayaan alam di dalamnya baik flora maupun fauna di sekitar hutan tersebut.  Selain buah-buahan markisa, Brastagi juga terkenal sebagai penghasil berbagai jenis sayur-sayuran, buah-buahan dan bunga-bunga. Di
kota Brastagi dilaksanakan beberapa peristiwa pariwisata antara lain “Pesta Buah” atau festival buah dan festival kebudayaan “Pesta Mejuah-juah” yang diadakan setiap tahun. Tanah Karo juga memiliki tradisi yang telah turun temurun dilakukan yaitu “Kerja Tahun” yang diselenggarakan setiap tahun oleh orang-orang Karo yang tinggal di daerah tersebut ataupun yang sudah merantau datang kembali ke perkampungan yang memiliki hubungan keluarga untuk saling berkunjung dan bersilaturahmi. 
KAMPUNG LINGGA

lingga.jpgKampung Lingga terletak di ketinggian sekitar 1.200 m dari permukaan laut, lebih kurang 15 km dari Brastagi. Lingga merupakan perkampungan Batak Karo yang unik, memiliki rumah-rumah adat yang diperkirakan berumur 250 tahun, tetapi kondisinya masih kokoh. Rumah tersebut dihuni oleh 5-6 keluarga yang masih memiliki hubungan kekerabatan. Rumah adat Karo ini tidak memiliki ruangan yang dipisahkan oleh pembatas berupa dinding kayu atau lainnya. 

SIPISO-PISO

Sipiso-piso terletak lebih kurang 24 km ke utara Kabanjahe menuju ke arah Danau Toba, merupakan air terjun yang terkenal dengan ketinggian lebih kurang 360 kaki sebelum mengalir ke Danau Toba. Daerah ini memiliki pemandangan yang indah seperti daerah Tao Silalahi yang berada di dekatnya dan terletak di bagian utara Danau Toba. 

sipisopiso.jpgsipisopiso222.jpg

source : http://www.geocities.com/merga_silima/telusur.htm

45 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. alow bro
    ternyata dikau termasuk dedengkot juga y soal blogs
    wakkkakakakkakka
    tapi gpp..mari kita budayakan ngblogs
    hmm mari berjuang….bercoding ria….

    viva berbagi ilmu untuk bersama
    willmen46
    willmen46.wordpress.com

  2. Hot News
    Kabar terbaru yang ingin membeli domain termurah, terpercaya, berkualitas, dan layanan terbaik silakan hubungi http://www.top.myorderbox.com, karena harga domain di http://www.top.myorderbox.com sekarang turun harga! Coba dulu baru anda percaya karena harga domain hanya mulai 80ribuan anda sudah mendapatkan domain Internasional selama 1 th, seperti dot com, net, org, info, biz, tv, dll. Domain sepenuhnya adalah milik anda, anda dapat mengkonfigurasi seting sesuai keinginan anda. Dan bila anda ingin hosting juga dapat menghubungi http://www.top.myorderbox.com karena hanya di http://www.top.myorderbox.com akan memberikan harga special dan termurah yang pernah ada. Domain dan hosting yang anda beli akan aktif biasanya kurang dari satu jam setelah anda mentransfer sejumlah uang ke bank Permata dengan no rekening 4262-5411-2001-7908 dan mengkonfirmasi lewat sms ke 081804685909. Format sms Konfirm-nama domain anda & paket hosting-jumlah uang transfer. Salam http://www.top.myorderbox.com

  3. Tolong dong ditambahi lagi pintu masuknya ke Tanah Karo. Kan pintunya juga bukan medan doang.Tanah karo simalempun juga dapat ditelussuri melalui pintu lain yaitu kabupaten tetangga, Kab. Simalungun. Turis mah bukan dari lau aja, domestik lebih boros lagi, asal suguhannya tepat. Tul gak ? Semoga maju Tanah Karo. Bujur ras mejuah-juah

  4. cerita di blog ini, hampir sama dengan isi blog yang berikut ini : http://students.ukdw.ac.id/~22033256/lintas.html

    pertanyaan saya, apakah pemilik nya satu orang, atau salah satunya copy – paste?

    Mejuah-juah man banta kerina

  5. MEjuah-juah kuta kemulihenku. arah web enda baci kita mburo ate tedeh man kuta kemulinta kerina

  6. aekali-kali tampilan kota kabanjahe dong……………kangen nich

  7. Dari Simalungun juga bisa ke Tanah Karo, dari Medan, Lubuk Pakam. TErutama daerrah yang dulu sebenarnya wilayah karo.Namun saat penjajahan Belanda dipecah dan masuk bagian Simalungun, WIlayah tersebut antaralain : CINGKES, PARIBUN sampe GUNUNG MERIAH SANA. Kebetulan aku anak PARIBUN-Simalungun.

  8. karo karo memang menarikkkkkkkkkkk
    juga dengan daerahnya………
    termasuk para wanitanya.
    orang karo itu unik

    dukung aku ya……….
    aku ingin menjadi Presiden RI orang Karo pertama suatu saat nanti

    rizky karo – karo
    siswa sma KOLOSE KANISIUS
    mejuha-juah

  9. mjj, lit begi km brt, psar buah b.tagi i gusur alu paksaan, adi banci mindo kami man kam simeteh, tlg critakendu uga masalahna

  10. mjj…

    pasar buah berastagi enggo lit 3 kali i gusur satpol pp..
    siterakhir tgl 30no’08…

    pedagang psr buah lit si terluka ras ijahit 17 jahiten..
    aq pei labo ku eteh permlhen sidetailna…
    tpi pdgg setuju ibangun adi proses pembgunen psr buah transpran..
    aq pribadi kecewa trhdp tindakan satpol pp, kai gelarna kita kalak karo si meradat..
    padahal adi bas Taneh Karo Simalem enda sikade2n dengan kita kerina..

    yachhhh….
    mudah2en saja kudpnna lanai lit kejadin sibagennda rupana…
    ras pei prmslhan pdgng pasar buah ras PEMDA KARO banci terselesaiken alu mehuli..
    sicidahken lah kita enda kalak karo simeradat…

    bujur

  11. Mejuah-juah
    Teman teman lit sada program untuk mensehjahtrakan taraf kehidupan masyarakat
    mari teman teman adi lit ibas kuta kemulihenta program pnpm mandiri. mari ras ras kita gelah membangun tanah karo simalem ibas turut serta berpartisipasi terlibat ibas program enda, sebab Tuhu banci sinampati kita ku arah si lebih baik
    Pnpm mandiri ^^ Bersama membangun kemandirian^^
    Kita Peduli Kita bisa Atasi
    bujur ya…………..

  12. Mejuah-juah
    Teman teman lit sada program untuk mensehjahtrakan taraf kehidupan masyarakat
    mari teman teman adi lit ibas kuta kemulihenta program pnpm mandiri. mari ras ras kita gelah membangun tanah karo simalem ibas turut serta berpartisipasi terlibat ibas program enda, sebab Tuhu banci sinampati kita ku arah si lebih baik
    Pnpm mandiri ^^ Bersama membangun kemandirian^^
    Kita Peduli Kita bisa Atasi
    bujur ya…………..

  13. Mejuah-juah,
    salam rindu buat tanah karo si malem, rindu tetap rindu, ongkos pulang mahal, nun saya jauh di ufuk Timur Indonesia, jayapura-irian Jaya. Salam dari kami perpulungan karo sada arih, merga si lima dari Jayapura.
    Biar pun kami jauh hati tetap dekat di Tanah Karo yg lembut, elok nan indah. Hijau hamparan padi hijau lembah-lembah dan hijau gunung-gunung. Sungguh mempesona Tanah karo. Salam rindu buat tanah yg kita cintai sejak dulu, kini dan selamanya.
    Bangunlah negeriku, Tanah Karo…
    Bas Aku nari : banci hubungi aku bas nomor HP ku. 08124803131
    salam kenal ras mejuah-juah

  14. Tanah karo emang mantep banguet. punya banyak kota wisata, orangnya ramah-ramah dan juga merupakan suku yang terkenal di dunia. tanah karo is the best

  15. Kehidupan Masyarakat di Kab. Karo saat ini sangat memprihatinkan terutama sejak Pupuk menghilang dari pasaran, tidak terlihat usaha dari pemerintah untuk mengatasi hal tersebut, juga dengan tata niaga jeruk tidak terlihat koordinasi dari pemerintah dan masyarakat karo, sehingga sekarang tamatlah riwayat petani jeruk karo. Tidak juga ada usaha untuk mencari investor guna mendirikan pabrik kemasan minuman dari sumber buah-buahan lokal seperti jeruk, markisa dll yang jelas-jelas dapat membantu pemasaran buah-buahan hasil dari Tanah Karo. Kita berharap masyarakat karo bisa diatur guna kepentingan bersama, sehingga tidak selalu terulang krisis yang dihadapi Petani.
    Mejuah-juah, GBU Tanah Karoku

  16. Tanah Karo Simalem !!!

    apakah masih ya atau tidak kalo malem (mmg Sejuk),tapi dengan kondisi dan alam seperti pada saat sekarang ini.Tanah karo sudah mulai mengalami kemunduran dalam membangun diri sendiri dan masyarakat.Kita bisa melihat dengan kepala mata kita sendiri.

    Uraian tahap ke tahap

    Parawisata.\\

    parawisata mancanegara yang datang ke tanah karopada saat ini mandul yang maju hanya wisata local dan kota.income dari wisata itu kecil ke masyarakat karo.karena kita kita orang karo tidak kreatif bersosialisasi dengan hidup dari para wisata jauh berbeda dengan bali dan lombok ataupun Singapore -Macau-Hongkong-Thailand.

    Pertanian

    pertanian pada semester II tahun ini juga surut dan tidak pernah ada jalan keluar dari hasil pertanian tanah karo.kita belum pernah bisa mengalahkan hasil sayur mayur dari Thailand jangankan dulu taiwan dan pemasaran dari hasil hasil pertanian tsb masih sempit dan terbatas.Pemda – Pengusaha – Bank – Petani tidak Sejalan.untuk sayur mayur Kepri (Kepulauan riu dan Singapore ) kita belum bisa rambah dan kuasa.Karena terbatasnya SDM dan Modal serta Kerja Sama Antar daerah baik itu pengusaha – Pemda.

    Pendidikan

    pendidikan sudah mundur kita bisa lihat sendiri mulai mundur.

    lahan tanah karo

    lahan tanah kari pada saat ini semua diberdayakan dan sudah terbatas dengan pertambahan jumlah penduduk yang menetap di tanah karo dan kita pada umumnya di tanah karo hanya memiliki luas tanah 10 x 20 m kalo semua tanah ulayat dibagi bagi dan bahkan tidak memilikinya lagi.ini suatu kenyataan!!!

    jadi perlu solusi untuk itu semua !!! jawaban solusi itu hanya kita yg tau .

  17. salam man kam si irian jaya ( Papua ) ambon -sulawesi sekitarnya.adi ingannindu kin tanah karo lalap mpall lanai siat enggo sempit emaka perlu kita hijrah ke berbagai daerah

  18. Memang tanah karo eme Taneh kemulihenta ras ingnta tading,
    emaka aminna lawes lah gia kita labo terlupaken……

  19. saya rindu tanah karo seperti dulu :
    1. Petani karo rajin, mendominasi pengiriman sayur-sayuran ke negara tetangga.
    2. Orang karo yang ramah dan mau mengucap syukur

  20. ngelihat ne……jsdi pengen pulang……….hehehe….kgn ma kabanjahe………

  21. hihihi.. aku jadi jatuh cinta nih sama tanah karo😀

    padahal dulu2 aku biasa ajah lowh…🙂

  22. ewrtetgeyr

  23. MJJ TANAH KARO KUTA KEMULIHENKU…!!!

    Tanah Karo harus dapat lebih maju lagi?

    Tanah Karo harus memiliki SDM yang dapat Diandalkan?

    Harga pupuk harus diturunkan,kasihan lihat petani karo???

  24. tanah karo i love you full,,,

  25. bila ada perusahaan tanah karo nari si perlu i publikasi hubungi kami jonatan tarigan di 081370382645 yang mana biaya publikasi kami tidak libatkan perusahaan yang terpublikasi

  26. mejuah-juah🙂

  27. mjj tanah karo

  28. Mejuah-juah,
    Adi siidah perkembangen Taneh Karo dari tahun ketahun, malah belakangen enda reh buena turah permasalahen, kondisi dalan si ceda, kesuliten pupuk, pajak simeseng la cepat ipekena, pariwisata kurang iperdiateken, pemeliharaan ekosistem alam si la terkendali, kurangnya perhatian pemerintah nandangi kebutuhen pokok masyarakat, emaka masyarakat mencari jalan sendiri-sendiri gelah terpenuhi kebutuhen hidup sehari-hari ditambah keperlun biaya pendidiken anak-anak.
    Tapi memang dasarna kita kalak Karo la pernah nggit menyerah bage saja emaka dengan situasi siugapape ia tetap berusaha sendiri, janah mela adi terlalu ngarapken penampat ibas sideban nari, emaka akibatna baci mbue terjadi pergeseran nilai-nilai budaya hidup kalak Karo sisadari ras la sisadari adi sibandingken ras piga-piga waktu silewat.
    Erkitekenn sie pengarapen kami gelahmin pemimpin masyarakat Karo kedepan lebih ngidah kai kepentingenen pokok masyrakatna gelah juluken ras keternaren “Taneh Karo Simalem” baci terwujud kembali. Malem ateta natapsa, malem ateta megi beritana, malem ateta tading ije, janah malempe ate kerina kalak sireh kuje.
    Bujur ras mejuah-juah kita kerina!

    Franta Ginting Munthe, Tangerang

  29. Mjjh kita kerina kalak Karo ja pe ita tading.
    Mborenda nari enggo sieteh potensi Tanah Karo, emkap bas bidang pertanian. Pameo “come back to natural” enggo erkatepna sibegi. Emaka bicara Dinas Pertanian Kabupaten Karo mengembangken tanam-tanaman organik, mungkin memiliki masa depan cerah bagi petani-petaninta. Disamping sie kembangken ka agro-wisata ras agro industri. Ita kalak Karo terkenal gigih. Persoalenna emkap sejauhmana kegigihen Pemda Kab. Karo memperjuangken wargana. Memang, sienda kerina butuh rencana, program, ketekunen, dana ras sidebanna. Tapi tek ita maka produk organik enda banci ikembangken. Pasarna cukup luas. Yang penting asal promosi (pemasaran) produk organik enda banci cepat seh ku konsumen. Sebab, ternyata konsumen produk-produk pertanian organik semakin enterem, sebab enggo isadarina kesehaten. Adi gundari e bas supermarket-supermarket ergan sayuran ataupe buah-buahan organik ketimbang non-organik. Melala keuntungenna. Pertama, ita lanai tergantung pupuk ras obat-obatan insektisida (racun). Untuk sie, Dinas Pertanian perlu mereken contoh. Mudah-mudahen banci erdalan. Amin !

  30. tanah karo memiliki alam dan adat yang bersahabat,,,tapi semuanya itu akan terhapus bagai embun pagi di ndaulu kalau tidak dijaga dan dipelihara dengan baik….mari kita jaga adat dan alam tanah karo dimanapu kita berada… kalau tidak kita siapa lagi?????? tanyakan pada hati nurani kita……..bujur

  31. Mejuah – juah man banta kerina sembegi ras singidah…
    Melala tuhu perbeben i bas tanah karo gundari soal pupuk palsu, gunung sinabung meletus…kerina ei tuhu – tuhu erbahan kita kalak karo si tading ikuta kemulihenta ngalami perbeben si mberat, tapi si ei kerina ula jadi beban harus nge si hadapi kerina. solusi arah pemerintah kabupaten karo terutama dinas terkait em kap dinas pertanian ras dinas sosial harus nge tutus ndarami solusi ngatasi ei kerina, bagi kata bapa ta ndai pak bangkit sitepu kita harus lebih ngutamaken pupuk organik daripada pupuk non organik… enggo banci kita kerina tiap rumah tangga paling tidak melihara 1 kerbau, entah lembu mbuat tanehna. janah untuk penanggulangen bencana sinabung kita butuh kejujuren hati ras nurani gelah bantuan si i bereken donatur bagepe pemerintah seh ku masyarakat 100 % labo 99 % apalagi hannya 70% (korupsi) kita kalak karo nari nge sisampat – sampaten ula ” sisampet-sampeten” mela kari kita kerina…kami i peranton pe tetap nge mantau ras asa ngasup kami i sampati kami kam kerina,,,, janah mbue harapen kami gelah bas pemilihen bupati karo ula “tanpa embel-embel” ula perbahan “mbue sen, merawa, ras pengoda” tapi kita butuh pemimpin si berani mbahan perubahen si mejile man kuta kemulihenta, gelah masyarakat karo si rantau pe kerina la mela di peranton ras bangga jadi kalak karo…..”sada sungkun -sungkun bas aku nari .. Engkai maka gundari melala kalak karo la i bahana merga \ beru na bas gelarna ibas ijasah entah sertifikat???????? mela entah kai????

  32. tanah karo memang sangat indah sekali dan banyak tempat wisata yg menarik dan udara nya juga sejuk lo

  33. Mejuah-juah ketua..😀

    Tepoe Area

  34. Terima kasih atas informasinya. Salam kenal

  35. hemmzzz
    jadi pengen balek lagi k tanah karo ne ….
    terutama ke kabanjahe kantor bumiputera …..

  36. mejuah juah untuk seluruh masyarakat karo dimanapun berada,terutama yg berada nun jauh di indonesia timur jayapura papua.sy sangat terharu membaca coment dr abang daud sitepu.sy juga pernah tinggal di jayapura.sy sgt memaklumi mahalnya ongkos pulang ke tanah karo simalem.mudah2an sesekali msh bisa menengok takasima ya.rejeki pasti adalah.salam hormat untuk sema masy karo yg ada di jayapura.sy sgt rindu dg kota jayapura. untuk pemda tanah karo,tlg ditingkatkan kebersihannya,terutama untuk kota kabanjahe sbg ibukota kabupaten.sy hampir setiap tahun pulang kampung.yg sy lihat tdk ada perubahan yg signifikan untuk perkembangan kota kabanjahe,baik pasarnya maupun kotanya.kelihatan sangat gersang.tanahkaro sebenarnya mempunyai potensi hasil bumi yg luar biasa.ayo majukan tanah karo yg kita cintai

  37. tanah karo la banci maju adi jelmana acc denga.. Bujur.

  38. Uga gia ning kalak. tanah karo simalem e ateku tedeh. emaka mari kita kerina kam nande, bapa,, turang, senina, si pesikap kuta kemulihenta.
    bujur ras mejuah juah kita kerina

    Mamaiting@yahoo.com
    pancur siwah simalem nari

  39. Bapak Bupati Karo, yang terhormat……
    sy mewakili orang karo, mendukung bapak utk terus mengupayakan pembangunan di tanah karo simalem, jgn pernah surut pak, sekali layar terkembang surut kita berpantang, tolong kam pakai pengalaman ndu sebagai pengusaha utk memajukan tanah karo simalem, kami percaya bapak akan menjalankan mandat dengan jujur dan bersih utk membawa tanah karo yang lebih baik. bujur ras mejuah juah pak bupati kami yang tercinta. DR Hc Kena Ukur Surbakti

    Tuahta Ginting dari Batukarang
    Mamaiting1980@yahoo.com

  40. mejuah-juah…
    Ga brita kena krina sitding i tanah karo me shat2 krina,,
    Kami i jenda krina perpulungen muda-mudi karo simalem serang-cilegon-cikande,provinsi banten,la lupa ertoto man dibata glah tanah kuta kemulihenta TANAH KARO erbajuna,kaipe sinisuan kita krina seh bagi sura-suranta,jadi kami pe kalak karo sitading i tanah banten enda ersada arih kami krina untuk memperat tali persaudaraan giah pe kami la tding i tanah karo,jadi kam si tding i tanah karo ena marilah sipesikap kuta kemulihenta.
    -bujur ras mejuah-juah kita krina-
    pengurus MMKS (muda-mudi karo simalem)~serang banten.

  41. Salam MJJ

    Kalau kata tetangga Marsipature Hutanabe kita juga bisa katakan SIPESIKAP KUTA KEMULIHENNTA, dengan cara bekerja keras dan berdoa. Kiranya Tuhan memberkati kita.

    Kita Mau Kita Bisa.
    By. Wahyudi S.Sembiring yg selalu merindukan Tanah Karo Simalem.

  42. tanah karo mantaaaap…………..!!!!!

  43. lestarikan budaya karo.
    jagalah kebersihan tanah karo.

    tanah karo ” mantaaaa……p!!!!!

  44. sip dah infonya nambah ilmu tentang tanah karo….maju terus dan kembangkanlah tanah karo menjadi salah satu pusat wisata di indonesia….

  45. Hey There. I found your blog using msn. This is a very well written article.

    I’ll make sure to bookmark it and return to read more
    of your useful information. Thanks for the post. I will definitely comeback.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: